Apa itu Politik Praktis? Politik? Prilaku Politik?

Jika kalian ingin penjelasan video bisa klik video jawaban praktis ini:

(Dalam grup facebook Ata Riung seorang teman saya George Saverius Ledu atau sapaan akrab kami Bus memosting sebuah pertanyaan dalam dialek orang Timur “Ada yang Tau ko, Pengertian dari Politik Praktis????”)

Politik Praktis Lee Risar

 Di sini saya mencoba memberanikan diri memaparkan pendapat saya walau saya bukan mahasiswa jurusan politik tetapi bukankah Indonesia adalah negara yang bebas berpendapat? Hahaha..

Sebelum masuk dalam pemahaman “Apa itu Politik Praktis (Political Practice)?” alangkah baiknya dijelaskan secara etimologi kata politik. Politik berasal dari bahasa Belanda politiek dan bahasa Inggris politics, yang masing-masing bersumber dari bahasa Yunani τα πολιτικά (politika – yang berhubungan dengan negara) dengan akar katanya πολίτης (polites – warga negara) dan πόλις (polis – negara kota). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan politik sebagai  1 (pengetahuan) mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan): 2 segala urusan dan tindakan (kebijakan, siasat, dan sebagainya) mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain: — dalam dan luar negeri; kedua negara itu bekerja sama dalam bidang — , ekonomi, dan kebudayaan; partai –; organisasi –; 3 cara bertindak (dalam menghadapi atau menangani suatu masalah); kebijaksanaan: — dagang; — bahasa nasional.

Baca juga: Apa Yang Terjadi Saat Kita Telanjang 

Jadi dapat disimpulkan bahwa politik selalu berhubungan dengan hal-hal kenegaraan (masyarakat dan pemerintah). Sedangkan politik praktis menurut saya adalah segala tindakan politik yang berdampak pada masyarakat dan pemerintah. Hal ini berhubungan dengan perilaku politik. Perilaku politik (Politic Behaviour) sendiri adalah perilaku yang dilakukan oleh insan/individu atau kelompok guna memenuhi hak dan kewajibannya sebagai insan politik. Seorang individu/kelompok diwajibkan oleh negara untuk melakukan hak dan kewajibannya guna melakukan perilaku politik adapun yang dimaksud dengan perilaku politik contohnya adalah:

Melakukan pemilihan untuk memilih wakil rakyat / pemimpin. “Mengikuti” dan berhak “menjadi” insan politik yang mengikuti suatu partai politik atau PARPOL, mengikuti ORMAS (Organisasi Masyarakat) atau LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Ikut serta dalam pesta politik. Ikut mengkritik atau menurunkan para pelaku politik yang tidak demokratis atau katakana otoriter lah… demikian penjelasan saya. Jika ada masukan silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih.

Baca juga: Apa itu Kampanye dan Asal Katanya?

Lee Risar

Sumber:

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Offline
  • Wikipedia.org Online

Advertisements

6 thoughts on “Apa itu Politik Praktis? Politik? Prilaku Politik?

Add yours

    1. Hahhah
      Ini mah cuma menjawabi pertanyaan teman di grup Facebook dan saya share lagi jawabannya ke dalam grup tersebut.
      Oya perpaduan sastra dan politk itu malah lebih mantap tuh.. hahha..

      Liked by 2 people

    2. Hahahha benar sekali.. sastra memang fleksibel dan punya garapan yang luas dalam kehidupan sehari-hari mulai dari sosial politik ekonomi budaya dan sebagainya 😀 😀

      Liked by 3 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: